Dec 2, 2015

Jenis Suara dalam Vokal



Hei guys! How u doing bro?
Today kita akan bahas tentang Jenis suara dalam Vokal
Loh kak kalo nyanyikan semuanya sama aja beda bagus ato enggknya aja?
Eits ada beberapa teknik yang menghasilkan suara berbeda loh

Nah pada artikel kali ini, kita akan membahas soal itu. Ada beberapa jenis suara yang dihasilkan dengan beberapa teknik (banyak banget y teknik vokal)

Dari pengetahuan yang saya punya dan yang sering dipakai oleh para penyanyi yaitu :
  1. Falsetto, yang ini pasti banyak yang sering kita dengar atau juga biasa pada ngomongnya sih Falset. Nah falset ini sering dipakainya oleh para pria untuk mencapai suara tinggi. Suara tinggi perempuan pasti untuk pria susah untuk dicapai (kecuali memang dari aslinya suara pria itu tinggi) makanya dipakailah teknik falset ini (disebut juga dengan suara palsu dikarenakan mengikuti suara perempuan).
  2. Head Voice, artinya suara yang dihasilkan dari kepala. Suara dari kepala?keluar dari kepala kak? bukan bukan..itu cuma istilah kok. Maksudnya head voice ini adalah suara yang dikeluarkan seolah-olah semua yang keluar itu berasal dari kepala (maksudnya suara tinggi). Ya ini biasa suara tinggi bisa dihasilkan kalau emang orang itu memiliki suara yang tinggi. Kalau untuk pria sudah mentok head voice nya baru memakai falset. Umumnya head voice klebih merdu untuk didengar.
  3. Chest Voice, suara yang dihasilkan berasal dari dada. Kalau saya artikan seperti orang bernyanyi normal saja tanpa menggunakan suara tinggi (chest voice ataupun falset).
  4. Whistle Voice, suara yang ini seperti peluit. Berarti untuk suara ini tinggi sekali seperti peluit (bisa dibilang melengking). Biasa yang mampu untuk melakukan suara seperti ini adalah perempuan.
Bagaimana cara pembedaanya head voice dengan falset gan?

Kalau Falset : Suaranya tidak nyaring, sulit mencapai suara tinggi dan terlihat halus, kalau semakin tinggi semakin jelek suaranya tidak enak didengar. Agak mirip suara perempuan.

Kalau Head Voice : Suaranya ringan, masih murni pita suara dan masih memiliki kualitas chest voice, terdengar nyaring dan bisa dengan bebas ke nada-nada tinggi. Jika melakukan teknik ini, kedengaran seperti suara itu penuh di kepala. Kebanyakan pria susah untuk melakukan ini kecuali yang sudah terlatih atau suaranya memang tinggi.

Nah itulah tentang Teknik yang digunakan dalam vokal.
Semoga Bermanfaat dan keep practice bro and sist!

No comments:

Post a Comment